Cerita Wapres JK Mendamaikan Konflik di Daerah dengan Buku

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengatakan bahwa buku merupakan sumber ilmu.

Dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Perpustakaan dibuka di Gedung Perpustakaan Nasional, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, JK menceritakan pengalamannya mendamaikan daerah konflik berkat membaca buku.

Kalla mengaku selalu membaca buku yang berkaitan dengan daerah konflik tersebut sebelum terjun ke lapangan. Salah satunya meminjam buku di Perpustakaan Nasional (Perpusnas).

“Saya perintahkan staf saya cari semua buku di Perpusnas apa yang ada hubungannya dengan Maluku, Poso, Aceh. Semua buku saya baca semua,” tuturnya Senin (26/3/2018.

Pada tiga wilayah tersebut, ia berkesimpulan bahwa konflik yang terjadi bukan disebabkan oleh agama, melainkan karena adanya ketidakadilan politik dan ekonomi. Karena itu ia menyelesaikan masalah tersebut secara proporsional.

“Semua saya mulai dari buku. Tidak ada upaya mendamaikan daerah tanpa harus mendalami masalah sejarahnya,” terang Kalla.

Seiring berjalannya perkembangan teknologi, masyarakat kini mulai mencari sumber-sumber ilmu melalui internet. Karena itu, JK meminta agar perpustakaan dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi.

“Kalau dulu, perpustakaan menunggu orang untuk meminjam buku. Sekarang harus mendekati masyarakat untuk membaca buku. Jadi perpus yang bergerak, bukan orang yang bergerak. Itulah suatu cara pada dewasa ini,” kata Kalla.

Sementara itu, Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando mengatakan, pemerataan akses perpustakaan bagi masyarakat menjadi salah satu target yang ingin dicapai pihaknya melalui pengembangan pustakawan bergerak.

Program pustakawan bergerak dapat terwujud bila ada dukungan kebijakan dan anggaran yang dilaksanakan secara terintegrasi antara pusat dan daerah.

“Rakornas perpustakaan bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan dan isu-isu strategis terkait dengan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca,” kata Syarif.

Hadir dalam Rakosnas Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, dan Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO).

Rakornas perpustakaan akan dilangsungkan di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, pada 26-28 Maret 2018. Acara tersebut akan dihadiri oleh para narasumber dari Komisi X DPR RI, Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemendes PDTT, Kemenristekdikti, beserta stakeholder lainnya.

57total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *