Cerita Arcandra Tahar Merasakan Lebaran di Indonesia

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar merasakan Lebaran di Indonesia. Sebab, selama 20 tahun, dia merasakan Lebaran di Amerika Serikat.

“Rasanya beda,” kata Arcandra sembari memegang dada ketika menghadiri open house di rumah dinas Wakil Presiden Jusuf Kalla di Menteng, Jakarta, Minggu (25/6).

Arcandra mengatakan, perbedaan Lebaran di Indonesia dan Amerika tidak hanya terlihat dari makanan, tetapi lebih kepada nuansanya. Di Indonesia, semua orang ikut merasakan makna Lebaran.

“Kalau di luar Lebarannya sehari juga enggak, setengah hari paling, abis itu kerja lagi,” tutur Arcandra lantas tertawa.

Arcandra pergi ke Amerika pada 1996. Pria kelahiran Padang itu kuliah S2 dan S3 di sana.
Arcandra sempat menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Namun, dia diberhentikan karena masalah kewarganegaraan.

Sebab, Arcandra memegang paspor Amerika Serikat. Dia diberhentikan dengan hormat oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Agustus 2016.

Setelah melakukan analisis, pemerintah memutuskan Arcandra adalah warga negara Indonesia. Dia dilantik menjadi Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral mendampingi Ignasius Jonan.

204total visits,2visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *