Cek Ombak Wacana Skema Baru Pensiun PNS

Pemerintah berencana mengubah program pensiun PNS (pegawai negeri sipil) dari skema pay as you go menjadi skema fully funded sebagai program pensiun yang baru.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, program baru ini akan diimplementasikan pada 2018. Tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan para purna PNS.

Namun saat ini, pemerintah masih bergelut dalam sinkronisasi kebijakan ini dengan Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Kita masih akan menyinkronkan dengan UU ASN dan bagaimana kita mendesain supaya tetap sustainable dalam jangka panjang, dan ada perbaikan secara fundamental,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin, 21 Agustus 2017.

Sebelumnya, Direktur Penyusunan APBN Ditjen Anggaran Kemenkeu Kunta Wibawa Dasa Nugraha mengatakan, penataan ulang dilakukan demi kesejahteraan PNS di masa purnabakti. Dalam program baru, perhitungan dasar manfaat pensiun PNS tidak lagi berdasarkan gaji pokok, melainkan berdasarkan atas gaji pokok beserta tunjangan atau take home pay.

259total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *