Catat! Ini Rute Karnaval Kemerdekaan di Bandung

Hari ini, Sabtu (26/8/2017) Kota Bandung dipastikan padat. Hal tersebut dikarenakan adanya kegiatan Festival kemerdekaan yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata dalam rangka memperingati HUT RI ke-72.

Bandung ditunjuk, untuk menjadi tuan rumah dalam festival kali ini. Di festival kemerdekaan yang bertajuk ‘Pesona Parahyangan’ ini bakal langsung di buka dan di hadiri oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi).

Kasubag Humas Polrestabes Bandung, Kompol Reny Marthaliana, mengatakan dalam hal pengamanan, pihak kepolisian dan TNI turunkan 5.000 personel dalam pengamanan tersebut.

“Itu kita siapkan pengamanan dengan pola terbuka dan tertutup,” jelas Reny dalam pesan singkatnya.

Adapun titik pusat pengamanan, selain di jalur lintasan rute, kedatangan ‎presiden juga di lakukan di titik pusat objek kegiatan, yakni di Gedung Sate dan Taman Vanda.

“Untuk pusat keramaian di Museum KAA masih dalam kordinasi,” ungkapnya.

Adapun yang menjadi rute lintasan karnaval festival kemerdekaan yakni‎ dari arah Gedung Sate menggarah ke Dulkomsel Jalan IR Juanda kemudian berlanjut terus ke kawasan Jalan Merdeka dilanjutkan ke Taman Vanda, Jalan Merdeka. Setelah itu konvoi di lanjutkan ke arah Jalan Lembong untuk mengarah Museum KAA dan berakhir di museum KAA Jalan Asia Afrika. Kendaraan di parkir di eks Palaguna.

Seperti diketahui, Jokowi akan berpakaian khusus memipin karnaval. Sehingga ia akan benar-benar menyatu sebagai bagian dari peserta karnaval.

Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki mengatakan pakaian yang akan dipakai Presiden Joko Widodo (Jokowi) adalah hasil rancangan designer asal Bandung.

“Pakaian Presiden adalah kreasi dari pakaian Sunda, beskap Sunda,” ujar Teten di Bandung, Jumat (25/8/2017) malam.

Total ada empat pakaian dari jenis sama yang disiapkan untuk Jokowi. Tapi, belum diketahui warna apa yang dipilih. “Kita sudah siapkan empat warna, nanti beliau akan memilih (besok),” ungkapnya.

Teten mengatakan, pemilihan beskap itu adalah keinginan Jokowi sendiri. Setelah itu, panitia menyodorkan pilihan. Jokowi pun senang dengan rancangan yang ada dan memilih beskap untuk dikenakan dalam karnaval nanti.

Sementara Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan juga akan memakai beskap Sunda. Pakaian berwarna putih itu sudah pernah beberapa kali dipakainya dalam kegiatannya sebagai gubernur. Terakhir, beskap itu dipakai saat peringatan HUT Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“Saya sederhana saja (pakaiannya), yang saya punya, sudah dijahit dua tahun lalu, beskap saja,” kata Aher.

Sedangkan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga akan memakai jenis pakaian yang sama. Itu artinya, Jokowi, Aher, dan RK akan kompak mengenakan beskap dalam karnaval nanti.

157total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *