BNN Tangkap Anggota Sindikat Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Utara (BNNP Sumut) berhasil meringkus jaringan narkoba internasional. Dalam penangkapan tersebut, petugas menyita 15.000 pil ekstasi sebagai barang bukti.

“Tersangka berinisial CA ditangkap dari apartemen Green Bay Puit Tower Gardenia 28 AD di Jakarta,” ujar Kepala BNN Sumut, Brigjen Pol Marsauli Siregar di Kantor BNNP Sumut, Selasa (6/2).

Marsauli mengatakan, barang bukti narkoba itu dikirim tersangka melalui jasa pengiriman barang di Medan. Barang haram itu, dikirim dengan tujuan alamat tersangka yang tinggal di apartemen tersebut.

“Kasus ini terungkap berdasarkan informasi yang kita terima atas perihal pemasokan narkoba ini. Kemudian, petugas kita melakukan penelusuran pengiriman barang sampai ke lokasi tujuan pengiriman,” katanya.

Marsauli mengakui, metode penelusuran barang terlarang oleh petugas sampai ke tangan pemiliknya, sudah sering dilakukan. Risiko yang dihadapi petugas pun sangat besar jika barang lolos dari penyitaan.

“Agar tidak lolos maka penguntitan terus dilakukan, kemudian petugas kita menangkap seorang petugas keamanan di apartemen yang disuruh mengambilkan paket berisi narkoba tersebut,” jelasnya.

Setelah itu, sambungnya, petugas melakukan pengembangan dengan menangkap CA. Selain CA, ada jaringan narkoba pimpinan sindikat ini yang masih dikejar petugas.

“Setiap butir pil ekstasi ini dijual Rp 300.000 bahkan lebih. Bila dikalkulasikan secara keseluruhan maka nilai keseluruhan barang bukti ini mencapai Rp 4,5 miliar. Tersangka bukan sekali ini mengirim ekstasi,” imbuhnya.

Dalam pemeriksaan sementara, CA mengaku baru dua kali menyelundupkan narkoba itu ke Jakarta. Dia membantah sebagai bagian dari jaringan sindikat internasional. Tersangka mengaku sebagai kurir.

“Saya sudah pernah sekali meloloskan ekstasi dengan tujuan Jakarta. Saat itu, saya diberi upah sebesar Rp 3 juta. Sebelum mengirim barang terlarang ini, saya juga pernah ketemu dengan pemilik barang,” sebutnya.

82total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *