BNN Musnahkan 191 Kg Sabu

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN), Komjen Pol Budi Waseso memimpin pemusnahan 191 kilogram (kg) sabu-sabu, 520 kg ganja dan 43.450 pil ekstasi di Lapangan Merdeka Medan, Sumatera Utara (Sumut), Kamis (19/10).

“Darah bandar narkoba itu halal. Mereka patut untuk ditembak mati. Sebab, mereka sudah banyak membunuh generasi muda. Jadi, jangan ragu untuk mengambil sikap tegas. Benar atau tidak, itu urusan Tuhan, nanti di akhirat,” tegas Budi Waseso.

Turut hadir dalam acara pemusnahan narkoba itu, Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi, Deputi Pemberantasan Narkoba, Irjen Pol Arman Depari, petinggi BNN Sumut, TNI, Polri, Bea Cukai dan lembaga swadaya masyarakat antinarkoba.

Jenderal bintang tiga yang akrab dengan sebutan Buwas itu mengatakan, seluruh barang bukti narkoba itu merupakan hasil operasi tangkapan tim gabungan yang melibatkan BNN, TNI, Polri, Bea Cukai, selama menjalankan operasi periode Agustus-September 2017.

“Ada sebanyak 12 tersangka yang terkait dengan penangkapan dan seluruh barang bukti tersebut. Kasus penangkapan itu pun masih terus dikembangkan. Mereka yang ditangkap itu merupakan bagian dari jaringan narkoba internasional,” katanya.

Diungkapkan, sabu-sabu seberat 191 kg yang disita petugas merupakan hasil produksi dari Tiongkok, dan pil ekstasi merupakan produk mafia narkoba dari Amsterdam, Belanda. Sementara itu, ganja yang disita merupakan hasil pasokan dari Aceh.

“Untuk barang bukti pil ekstasi yang disita petugas ini memiliki kesamaan dengan barang bukti 1,2 juta pil ekstasi yang kita temukan beberapa waktu lalu. Operasi pemberantasan narkoba ini tidak akan pernah berhenti dan terus kita lakukan,” tegasnya.

Pantauan SP, pemusnahan narkoba oleh tim gabungan itu disaksikan oleh ratusan masyarakat. Bandar narkoba jaringan internasional yang diringkus dalam kasus itu juga dibawa ke lokasi pemusnahan itu.

Sabu-sabu dan ekstasi dimusnahkan dengan memasukkan ke dalam incinerator mobile milik BNN. Sementara itu, ganja dimusnahkan dengan cara dibakar.

128total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *