Bila PDIP Merapat Dukung Ridwan Kamil, Ini Tanggapan PKB dan PPP

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyambut baik apabila Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendukung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2018.

“Ya kita sambut baik, welcome dong,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal PKB, Daniel Johan saat dihubungi Okezone, Jumat (29/12/2017).

Meski menyambut baik, Daniel meminta PDIP tetap membahas bersama untuk merundingkan siapa calon wakil gubernur yang akan mendampingi Ridwan Kamil yang hingga saat ini belum ditetapkan.

Kekhawatiran PKB ini muncul lantaran PDIP memiliki kekuatan untuk bisa mengusung sendiri calonnya di Pilgub Jabar. Hal ini karena 20 kursi yang dimiliki PDIP di DPRD sudah memenuhi syarat untuk bisa mengusung calon di Pilkada.

“Ya harus dibahas bareng,” tutur Daniel.

Sementara itu Wasekjen PPP, Achmad Baidowi menilai seandainya PDIP bergabung tetap harus berbicara bersama dengan parpol pendukung Ridwan Kamil dan juga Ridwan Kamil untuk menentukan siapa pendampingnya.

Menurut Baidowi, bergabungnya PDIP tak akan memberikan efek yang signifikan. Hal ini karena parpol pendukung yang ada saat ini, PPP, PKB, Nasdem, dan Hanura sudah cukup untuk bisa mengusung Ridwan Kamil di Pilgub Jabar.

“Tapi sementara ini 4 parpol sudah cukup syarat untuk bisa berangkat,” jelas Baidowi.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Eriko Sotarduga mengatakan partainya memiliki opsi untuk membuka komunikasi dengan Ridwan Kamil.

Meskipun dalam opsi ini, PDIP menegaskan syarat untuk bergabung yakni bila parpol-parpol pendukung Ridwan Kamil belum memiliki kepastian terkait calon wakilnya yang belum diputuskan sampai saat ini.

“Tapi kalau nanti wakilnya ditunjuk, sudah tidak memenuhi syarat untuk membuka diri. Tapi tentunya opsi ketiga, kalau ada komunikasi dengan pihak RK,” ungkap Eriko.

86total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *