Bikin Terharu! Ini Harapan Para Pemenang Lomba Gerakan Nasional Revolusi Mental

Setelah membuka perlombaan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) 2017, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengumumkan para pemenang-pemenangnya, di Ruang Heritage, Gedung Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (20/10/2017).

Bertujuan demi meningkatkan makna sebagai gerakan bersama antara pemerintah bersama masyarakat, dunia usaha dan dunia pendidikan dalam menunjukkan aksi nyata yang sudah ada dalam kehidupan bermasyarakat, lomba ini juga menjadi tolak ukur sejauh mana pemahaman masyarakat terkait revolusi mental.

Acara ini dihadiri oleh Sesmenko PMK YBS Sananugraha, Staf Khusus Menko PMK Bapak Herujito, Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kemenko PMK Bapak Masmun Yan Mangesa, serta Asisten Deputi Nilai dan Kreativitas Budaya Kemenko PMK Bapak Iwan Eka Setiawan.

Perlombaan ini sendiri dibagi dalam beberapa kategori seperti lomba foto, lomba komik strip, lomba video instagram, dan lomba cipta lagu revolusi mental.

Konten-konten yang ikut serta dalam perlombaan ini juga menjadi alat ampuh bagi Kemenko PMK dalam menyebarkan nilai-nilai Gerakan Nasional Revolusi Mental.

Bila ditanya darimana inspirasi menciptakan konten bertema revolusi mental, banyak para pemenang yang mengaku hal itu datang dari kehidupan sehari-hari.

“Saya mengambil kebersihan sebab Bali itu kan tempat jalan-jalan, tapi masih banyak yang ga jaga kebersihan. Jadi orang luar banyak datang tapi bilang ‘kok Bali kotor sih?’. Itu dia yang ingin saya ubah, dan mudah-mudahan bisa menginspirasi orang-orang sekitar,” ujar Komang Frederich Blessy, juara ketiga Lomba Video Instagram.

Hasil karya lomba, harap pihak Kemenko PMK, bisa menjadi inspirasi perubahan positif bagi masyarakat dan terwujudnya partisipasi aktif masyarakat untuk menjadi teladan dan pelopor perubahan.

Harapan ini diamini oleh para pemenang lomba, salah satunya band Child Out yang keluar sebagai juara pertama Lomba Cipta Lagu Revolusi Mental.

“Sebagai masyarakat Indonesia, ini sudah saatnya kita untuk berevolusi mental di mana saja dan kapan saja,” ujar mereka.

Sedangkan menurut juara ketiga Lomba Komik Strip Supriyanto, menganggap lomba ini bisa menjadi wadah memulai perubahan dalam masyarakat.

“Komik strip saya yang diambil dari view ketika dalam perjalanan bekerja ke Jakarta. Sepanjang perjalanan saya selalu melihat ojek parkir di pinggir jalan dan malah ada yang naik jembatan busway. Saya berharap komik strip ini dan lomba ini bisa menjadi tanda bahwa perubahan sebenarnya harus dimulai dari diri kita,” ujar Supriyanto.

Lomba-lomba GNRM 2017 yang telah dilaksanakan mampu menjaring 1742 karya dari 700 peserta yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia dan diseleksi oleh Tim Juri Lomba GNRM Kemenko PMK yang memiliki kapabilitas dan kompetensi di bidangnya masing-masing.

Berikut list para pemenang Lomba-Lomba Gerakan Nasional Revolusi Mental 2017.

 

44total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *