Besarnya Beban Tanah Wilayah Puncak Bikin Rawan Longsor

Setelah kawasan Puncak mengalami longsor kemarin dan harus ditutup, longsor diprediksi masih bisa terjadi apabila curah hujan masih tinggi. Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Kasbani mengatakan bahwa peringatan soal potensi longsor sudah mereka sampaikan kepada pemerintah setempat sejak beberapa bulan terakhir.

Kasbani kepada tvOne, Rabu, 7 Februari 2018 membenarkan bahwa kawasan Puncak memang saat ini masuk daerah label ‘Merah’ yang artinya dalam status memiliki potensi longsor bila diguyur curah hujan tinggi.

Belum lagi kata dia, beban wilayah Puncak yang masih tinggi dengan adanya permukiman, warung-warung dan lalu lintas mobil yang masih ramai. Oleh karena itu PVMBG mendukung penutupan jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat untuk sementara waktu.

“Banyak warung di sana tentu banyak bangunan itu akan sangat membebani karena tanahnya,” kata Kasbani.

Dia mengatakan, perlu pula dilakukan perbaikan drainase di wilayah Puncak agar meminimalisasi potensi longsor.

“Dengan bertambahnya bangunan di situ dan bertambahnya mobil lewat di situ akan membuat adanya potensi longsor. Jadi memang untuk Jabar, ini potensi longsor cukup kuat dan ini sudah kami sampaikan kepada Pemda,” ujar Kasbani.

165total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *