Berkas Ujaran Kebencian Jonru Ginting Dilimpahkan ke Kejati DKI

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) telah menyelesaikan berkas perkara ujaran kebencian melalui akun media sosial elektronik yang menjerat penulis sekaligus narablog Jon Riah Ukur Ginting alias Jonru Ginting.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, berkas tesebut sudah dilimpahkan untuk tahap satu ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta untuk segera dikaji.

“Sudah dilimpahkan siang tadi ke Kejati DKI,” ungkap Argo di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (11/10/2017).

Argo berharap berkas tersebut segera dinyatakan lengkap alias P21 agar kasus ujaran kebencian sebagaimana dilaporkan Muannas Al Aidid itu segera dapat disidangkan untuk membuktikan tindak pidana yang disangkakan oleh penyidik.

“Kalau sudah P21 kan berarti tugas kepolisian sudah selesai, tinggal selanjutnya, menunggu persidangan,” jelas mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Seperti diketahui, dalam kasus tersebut Jonru Ginting dijerat Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45 ayat 2 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Undang-undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dengan ancamannya diatas lima tahun penjara.

17total visits,3visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *