Benahi Kesemrawutan Tanah Abang, Pemprov DKI Gandeng PT KAI

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Andri Yansah mengatakan, akan melibatkan PT KAI untuk membenahi kesemrawutan di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pasalnya, akan ada konektivitas saat penurunan penumpang yang masih kurang tertata.

“Itu dia yang sekarang kita akan lakukan dengan PT KAI. Kemarin saya sudah ngomong, jadi penataan kawasan Tanah Abang, melibatkan PT KAI. Jadi, kalau seumpama di situ ada konektivitas yang untung kan masyarakat untung, PT KAI untung karena ada peningkatan penumpang,” ujar Andri Yansah, Rabu 8 November 2017.

Andri mengatakan, akan ada rekayasa dalam penanganan masalah membludaknya penumpang dari kereta api yang ada di titik tersebut.

“Sehingga penumpang turun di Tanah Abang khususnya Jati Baru bengkel, begitu turun dia sudah ada angkutan lanjutan. Gitu,” ungkapnya.

Namun begitu, ia belum dapat memastikan apakah ke depan akan ada zonasi khusus terkait pengaturan angkutan umum, ojek online dan ojek pangkalan yang berada di lokasi tersebut.

“Belum belum. Yang jelas semua moda transportasi yang berada di situ pasti akan kita pikirkan. Sehingga arus lalu lintas, dengan adanya penataan ini bisa lebih baik lah. Nanti juga kan akan ada ujicoba. Enggak bisa begitu ok langsung. enggak bisa,” tandasnya.

Sebelumnya diketahui, Wakil Gubernur Sandiaga Salahuddin Uno memantau kesemrawutan Pasar Tanah Abang menggunakan drone. Dari udara, dirinya menemukan berbagai penyebab kemacetan di kawasan Tanah Abang.

“Ternyata kesemerawutan itu penyebabnya adalah satu pembangunan jalan, kedua tumpahnya pejalan kaki yang keluar stasiun, dan ketiga banyak angkot yang parkir liar atau ngetem,” ujar Sandiaga di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin 6 November 2017.

118total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *