Banjir Bandang di Solok Selatan Merusak Puluhan Hektare Sawah

Banjir Bandang yang melanda Nagari Pakan Rabaa Tangah, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada Kamis, 14 September 2017 mengakibatkan rusaknya 30 hektare sawah.

Menurut data yang didapatkan oleh petugas lapangan Dinas Pertanian Solok Selatan, 30 hektare sawah itu tersebar di tiga jorong, yakni di Batang Lolo seluas 25 hektare, Batu Kulambai seluas tiga hektare dan Bancah Anak Lolo seluas dua hektare.

“Data tersebut merupakan survei yang dilakukan petugas di lapangan,” kata Kepala Dinas Pertanian Solok Selatan, Tri Handoyo Gunardi sebagaimana dilansir antaranews, Jumat (15/09/2017).

Di antara areal persawahan yang rusak akibat banjir bandang, delapan hektare di antaranya baru akan dipanen satu minggu kedepan. Sedangkan 16 hektare dinyatakan sudah selesai dipanen.

“Delapan hektare sawah yang rusak akibat banjir akan dipanen satu minggu lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Editorial mengatakan, selain areal persawahan, banjir juga merusak dua kilometer areal jalan kabupaten, 500 meter jalan nasional yang tertutup lumpur, lima irigasi, dua unit PDAM, satu sekolah dan satu pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Meski begitu, tidak ada laporan mengenai korban jiwa sejauh ini

“Tidak ada laporan korban jiwa atas kejadian ini,” katanya.

Saat ini, pemerintah setempat telah mendirikan posko kesehatan, dapur umum dan menyuplai air bersih kepada korban banjir bandang. Petugas juga masih melakukan normalisasi terhadap sejumlah titik dan fasilitas yang terganggu.

159total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *