Bangun Kapal Perikanan, KKP Libatkan Nelayan

0

Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan kembali membangun kapal perikanan bantuan pemerintah sebanyak 994 unit dengan total anggaran mencapai Rp 361 miliar.

Saat ini pembangunan kapal bantuan sudah melewati proses lelang dan sedang dalam pembangunan.

“Pengadaan kapal pada 2017 ini melibatkan nelayan sebagai calon penerima kapal bantuan,” ujar Direktur Jenderal Perikanan Tangkap KKP, Sjarief Widjaja.

Sebelum lelang dilaksanakan, nelayan turut serta bersama tim Direktorat Kapal dan Alat Penangkapan Ikan, DJPT melakukan uji coba kapal bantuan dengan beragam ukuran pada April dan Mei lalu di beberapa lokasi.

“Tujuannya agar bantuan kapal sesuai dengan kebutuhan nelayan. Kerja sama antara direktorat kapal dengan nelayan, untuk persoalan calon penerima dan spesifikasi yang dibutuhkan. Kami juga meminta mereka mencoba dulu baru diberi bantuan,” tutur Sjarief.

Sjarief juga menjelaskan tentang perkembangan pengadaan alat penangkapan ikan yang pada tahun ini berjumlah 5.275 unit dengan total anggaran Rp 148,69 miliar.

Sebanyak 49 spesifikasi teknis alat penangkapan ikan ramah lingkungan akan diberikan kepada nelayan dengan melibatkan Dinas Kelautan dan Perikanan di Provinsi/Kabupaten/Kota, Balai Besar Penangkapan Ikan dan perguruan tinggi.

57total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply