Bagaiman Hujan Deras di Malaysia Membanjiri Indonesia?

0

NUNUKAN,bangnapi.com –¬†Hujan deras sepanjang malam di wilayah Sabah Malaysia membuat Sungai Sembakung meluap dan merendam ratusan rumah di 4 kecamatan di wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara.

Kepala Desa Ubol Alung Kecamatan Lumbis Ogong Muriono mengatakan, air sungai Sembakung mulai meluap sekitar pukul 08:00 Wita.

“Sungai Sembakung ini hulunya di Malaysia. Semalaman hujan deras membuat sungai meluap. Hingga Sabtu sore cuacanya mau turun hujan lagi,” ujarnya Sabtu (1¬†April 2017).

Muriono menambahkan, di desanya sekitar 50 rumah penduduk terendam air dengan ketinggian air bervariasi. Rumah penduduk yang merupakan rumah panggung mulai terendam dari lantai hingga atap rumah.

“Sore ini warga mulai mengevakuasi barang berharga mereka ke rumah kerabat yang masih aman,” katanya.

Ketinggian air yang terus bertambah di sekitar aliran Sungai Sembakung membuat perangkat Desa Ubol Alung mempersiapkan tenda pengungsian di hutan yang relatif agak jauh dari aliran sungai.

“Baru tenda yang kita siapkan. Warga dipastikan butuh selimut makanan dan obat obatan serta peralatan evakuasi,” ucap Muriono.

429total visits,2visits today

Share.

About Author

Leave A Reply