Atasi Banjir Jakarta, Pemprov Bakal Bangun Turap di Kampung Arus

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang mencari solusi untuk mengatasi permasalahan banjir di Ibu Kota. Salah satu jalan keluar yang akan dilaksanakan adalah pembuatan turap di Kampung Arus, Kramat Jati, Cawang, Jakarta Timur.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, antara Pemprov DKI dan penduduk di sana telah terjadi kesepakatan bersedia dilakukan relokasi. Pihaknya akan mengupayakan pengerjaan proyek turap tersebut dalam waktu secepatnya.

“Sehingga kita bisa pasang sheet pile (turap) di situ. Nah di situ yang merupakan tantangan kita,” kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa 6 Februari 2018 malam.

Politikus Partai Gerindra ini menerangkan, selain membuat turap Kampung Arus, pihaknya juga bakal memasang batu beronjong agar kuat menahan terjangan air deras bila curah hujan sedang tinggi.

“Sebagian bisa pakai sheet pile, tapi sebagian bisa pakai beronjong, sehingga arus air itu tidak terlalu deras. Nah, itu yang terus diakumulasi dan kita melihat bahwa siklus ini harus kita tangani lebih baik lagi,” jelasnya.

Ia memprediksi pengerjaan proyek turap akan berjalan lancar. Hal tersebut dikarenakan mayoritas warga sudah merelakan sebagian tanahnya digunakan Pemprov DKI.

“Di Kampung Arus, mereka sepakat dilepas tanahnya ke pemerintah, sehingga ada akses, sehingga kita bisa memasang sheet pile tersebut,” ungkapnya.

Pemprov DKI, lanjut Sandi, akan merelokasi warga di sana ke rumah susun. Jadi, dirinya menolak anggapan kalau tindakan itu dinilai sebagai upaya penggusuran yang dilakukan pemerintah.

“Di dekat Cawang itu ada beberapa rusun yang mungkin bisa kita relokasi mereka,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, pihaknya akan mengajak Badan Kerja Sama Pembangunan (BKSP) dalam membangun proyek turap tersebut.

“Mungkin bisa ditingkatkan juga sumur-sumur resapan, sehingga bisa ada sistem manajemen air yang lebih baik di hulunya, dan di hilirnya ini kita akan terus perbaiki,” pungkasnya.

54total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *