Anies-Sandi Tetap Setia dengan Janji Kampanye Mereka

Partai Gerindra meyakini Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno, akan tetap konsisten menolak reklamasi di wilayah perairan Teluk Jakarta‎ meski pemerintah telah mencabut moratorium megaproyek tersebut.

“Anies-Sandi tetap setia dengan janji kampanye mereka (tolak reklamasi),” ujar Wakil Sekretaris Jenderal DPP Gerindra, Andre Rosiade saat berbincang dengan Okezone, Senin (23/10/2017).

Sebagai partai pengusung Anies-Sandi, ia memastikan janji politik menolak reklamasi tetap konsisten. Selain itu, Gerindra juga meminta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memerhatikan kepentingan rakyat atas proyek uruk laut tersebut.

“Pak Luhut mengaku di media sudah di koordinasikan dengan semua pihak (soal reklamasi). Faktanya Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan) mengatakan belum memutuskan setuju atau tidak, karena ini nasib nelayan,” terang Andre.

Dia melihat proyek tersebut merupakan pembangunan pulau baru. Padahal didalam undang-udang hanya mengatur soal reklamasi pesisir. Karena itu, bila proyek ini ingin diteruskan, pemerintah seharusnya merevisi undang-undangnya terlebih dahulu. “Kalau Pak Luhut ngotot, silahkan revisi undang-undangnya untuk reklamasi pembangunan pulau baru. Jangan sampai yang dilakukan Pak Luhut mendorong terjadinya pelanggaran undang-undang,” tegas Andre.

Ia menambahkan, masyarakat DKI Jakarta sudah bulat menolak reklamasi.‎ Hal itu terbukti dari kemenangan Anies-Sandi dalam Pilgub Ibu Kota. Di sisi lain, Andre juga memahami investasi pihak swasta yang telah kadung tertanam dalam proyek itu.

Namun, pada pulau yang sudah terlanjur terbangun, Andre mengatakan Anies-Sandi ‎akan mengupayakan penggantian uang pihak swasta tersebut agar pulau-pulau itu sepenuhnya berada di bawah pengawasan Pemprov DKI Jakarta untuk kepentingan masyarakat.

“‎Investasi swasta dengan membangun pulau kita tak bisa menafikkan. Tentu Bang Sandi dan Mas Anies mengupayakan pergantian kalau memang Pemda DKI memberikan ganti rugi dengan uang swasta yang sudah keluar. Yang pasti pulau yang sudah terbangun itu dipastikan untuk kepentingan rakyat Jakarta, bukan untuk kelompok tertentu,” ungkap Andre.

Gerindra, kata dia, akan terus mengupayakan segala cara demi menolak reklamasi. kadernya yang duduk di parlemen akan segera berkoordinasi dengan Men‎teri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti untuk mendalami sengkarut reklamasi ini.

“Fraksi Gerindra di Komisi IV DPR akan segera berkoordinasi dengan Bu Susi untuk mengklarifikasi ini. Bang Edhy Prabowo (Ketua Komisi IV DPR F-Gerindra) akan minta klarifikasi,” pungkas Andre.

119total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *