Anies Diminta Tetap Pimpin Jakarta meski Survei Elektabilitas Jadi Cawapres Teratas

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan muncul dalam sejumlah survei Pilpres yang dirilis tahun ini. Lembaga survei Indo Barometer bahkan menempatkan Anies pada posisi teratas sebagai kandidat calon wakil presiden di Pemilu 2019.

Namanya mengalahkan sejumlah tokoh seperti Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan Agus Harimurti Yudhoyono.

Menanggapi posisi Anies yang ada di atas itu, politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas mengatakan partainya tak mempermasalahkan adanya hasil survei tersebut. Ia menyebut hasil survei merupakan gambaran keinginan publik agar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu maju di Pilpres 2019.

“Itu enggak masalah. Soal survei kan soal keinginan publik,” jelas Supratman kepada Okezone, Kamis (7/12/2017).

Meski begitu, Partai Gerindra sejatinya tetap berharap Anies tetap memimpin Jakarta hingga masa jabatannya berakhir pada 2022 nanti. Pasalnya, Anies baru saja mendapatkan kepercayaan dari masyarakat Jakarta untuk memimpin kota Jakarta.

“Jadi soal Pak Anies maju atau tidak, yang jelas kemarin kita berharap, beliau tetap melaksanakan tugasnya sampai masa tugas berakhir,” ungkapnya.

Soal calon presiden, anggota Komisi III DPR RI itu mengungkapkan hingga saat ini Partai Gerindra konsisten untuk mencalonkan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Sementara untuk calon wakilnya, Gerindra menyerahkan sepenuhnya keputusan ini kepada Prabowo.

“Dan kalau Gerindra kita sampai hari ini menyangkut itu, kita sepenuhnya tergantung sikap dan keinginan dari Bapak Prabowo,” papar Supratman.

Supratman mengatakan bisa saja Prabowo memilih Anies menjadi wakilnya di Pilpres 2019 nanti. Namun, masalah ini menurutnya masih harus dipertimbangkan secara matang oleh Prabowo dan juga melihat hitung-hitungan politiknya.

“Politik dinamis. Bisa berubah berdasarkan kondisi tertentu dan kepentingan tertentu. Jadi politik itu enggak ada yang enggak mungkin. Semua serba mungkin,” tutur Supratman.

Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI itu menegaskan Prabowo sudah memiliki pikiran terbaik dalam memilih pasangannya nanti.

“Intinya Pak Prabowo sudah punya pikiran yang terbaik untuk bangsa, dengan siapapun dia berpasangan,” tegasnya.

Sekadar infomrasi, dari hasil survei Indo Barometer berdasarkan pertanyaan terbuka, elektabilitas Anies 10,5%. Dalam survei dengan pertanyaan tertutup dengan dibatasi 12 nama cawapres, elektabilitas Anies naik menjadi 11,8%.

Bahkan bila disimulasikan menjadi cawapres Prabowo, elektabilitas Anies meningkat hampir dua kali lipat yakni 22,5%.

14total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *