Anies Bersyukur 100 Hari Berjalan Baik, Sandi Minta Warga Menilai

Masa Pemerintahan Anies-Sandiaga di Jakarta telah memasuki 100 hari kerja pertama pada Rabu 24 Januari 2018. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bersyukur karena menurutnya 100 hari kerja Anies-Sandi berjalan baik.

“Alhamdulliah kita bersyukur bahwa 100 hari ini berjalan dengan baik, tentu kita merasa 100 hari itu bukanlah tujuan utama kita bekerja. Terlalu awal untuk kita merasa berbesar hati, terlalu awal juga mengatakan bahwa banyak masalah,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/1/2018).

Anies mengatakan, program dan janji-janji kampanye mulai dijalankan selama 3 bulan pertama masa pemerintahnya.

“Kita bersyukur bahwa program yang kita rencanakan sudah mulai bisa digulirkan. Jadi saya melihat, kita 100 hari ini satu menata barisan, menyamakan persepsi dengan mereka semua yang bekerja di birokrasi,” ujarnya.

“Kedua, adalah mulai menyiapkan pelaksanaan janji-janji kerja, program-program yang sudah dirancang ketika masa kampanye. Ketiga adalah merespons situasi-situasi dam masalah-masalah yang muncul selama 100 hari ini. Itu tiga hal besar yang kita lakukan selama ini,” imbuh Anies.

Mantan Mendikbud itu mengatakan, tiga program utama sudah dijalankan bersama Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno yakni OKE OCE, OKE OTRIP, dan Rumah DP 0 rupiah.

“Lapangan pekerjaan OK OCE juga sudah mulai jalan. Jadi alhamdulilah di 3 arena utama yang menjadi perhatian kita itu, kita mulai jalankan. Kita harap benar dengan eksperimen OK OTRIP kita reviewsupaya bisa menurunkan biaya hidup di Jakarta. Karena 30 persen itu dipakai untuk transportasi,” ungkap Anies.

Sementara itu, Sandiaga mempersilakan kepada warga Ibu Kota untuk menilai bagaimana sejauh ini di bawah kepemimpinannya.

“Terlalu dini lah untuk mengevaluasi, tapi biar masyarakat yang menilai,” ujar Sandi di kawasan Jakarta Timur.

Menurut Sandi, dirinya dan Anies akan fokus pada ketersediaan lapangan pekerjaan dan pendidikan yang berkualitas.

“Lapangan kerja ini kita genjot, tiada hari tanpa penciptaan lapangan kerja,” ucapnya.

Meski begitu, Sandi dan Anies Baswedan merasa bersyukur karena dukungan kepada keduanya terus mengalir tanpa henti.

“Saya bersama Pak Anies bersyukur dukungan dari masyarakat mengalir dan tapi PR-nya masih banyak. Jadi saya serahkan kepada masyarakat untuk menilainya sendiri,” papar dia.

Sandi memiliki harapan bagi kota yang sedang dipimpinnya ini. Ia ingin, lapangan kerja di Jakarta dapat terus tercipta.

“Harapannya lapangan kerja tercipta. Pendidikan seperti hari ini bisa lebih tuntas dan berkualitas. Dan kita ingin keterjangkauan harga-harga dan biaya hidup yang ada di DKI,” Sandi memungkas.

Kata Partai Pendukung

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, pemetaan akan pencapaian janji kampanye Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yakni Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sudah terlihat cukup signifikan di 100 hari memimpin ibu kota. Sehingga dia meyakini selama lima tahun pemerintahan Anies-Sandi akan tampak hasil kerjanya.

“Namanya juga 100 hari, masih baru. Tapi dari roadmap-nya sudah keliatan, kalau dicari-cari kekurangan pasti ada. Namun sebagai satu garis batas apa yang dilakukan 5 tahun bisa kelihatan,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (24/1/2018).

Dia menjelaskan, terdapat beberapa program Anies-Sandi yang saat ini sudah mulai direalisasikan kepada masyarakat Jakarta. Seperti halnya dalam hal transportasi hingga penataan pedagang kaki lima (PKL).

“Dalam waktu 100 hari bisa keliatan langkah untuk menunaikan apa yang menjadi janji kelihatan. Misal ya soal penataan PKL meskipun ini masih temporarry, soal perumahan DP 0 rupiah, kemudian soal-soal lain,” papar dia.

Di lokasi yang sama, Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini menyatakan kebanggaannya atas 100 hari kepemimpinan Anies-Sandi. Dia menyebut, keduanya telah mulai merealisasikan beberapa janji kampanyenya.

“Kami dari PKS bangga, dalam 100 hari sudah mulai banyak janji kampanye yang dibuktikan,” kata Jazuli.

Karena hal itu, Jazuli mengharapkan Anies-Sandi untuk terus bekerja bagi rakyat. Sebab, kata dia, kinerja bagus Anies-Sandi dapat memberikan dampak yang positif untuk partai pimpinan Sohibul Iman.

“Saya berharap ketika Pak Anies-Sandi sukses jalankan tugas dan fungsinya, PKS kena efak positifnya, pahalanya, syukur-syukur kalau dianggap usungan PKS bagus sekali,” jelas Jazuli.

129total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *