Angka Krimimalitas Selama Lebaran Turun 30%

0

Wakapolri Komjen Polisi Syafruddin mengklaim pihaknya berhasil menekan angka kriminalitas menjelang hari raya Idul Fitri 1438 Hijriah. Bahkan penurunan angka kriminalitas tersebut sangat drastis mencapai 30 persen dari tahun 2016.

“Alhamdulilah sampai saat ini. Prosentasenya sekitar 20 sampai 30 persen ada penurunan yang kita tangani,” kata Syafruddin di Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (23/6).

Dia menilai penurunan angka kriminalitas tersebut terjadi karena adanya kerja sama antara petugas keamanan dengan berbagai elemen masyarakat termasuk komponen media yang selalu memberitakan waktu demi waktu. “Sehingga polisi bisa memantau semua kegiatan masyarakat kapan pun dan di mana pun,” ungkap dia.

Di sisi lain menurut Syafruddin, polisi juga tidak bisa melepaskan perhatiannya pada aksi terorisme. Apalagi, saat ini momentum arus mudik sehingga menjadi perhatian khusus Polri. “Belakangan ini setelah kejadian bom Kampung Melayu dan kejadian dikuasainya kota Marawi di Mindanao selatan oleh kelompok IS, aparat keamanan TNI dan Polri melakukan antisipasi terhadap gerakan sel-sel teroris dan ini menjadi kewaspadaan dan antisipasi kita,” ujarnya.

Siapkan 187.000 Personel Gabungan
Syafruddin mengungkapkan pihaknya mengerahkan sebanyak 187.000 personel gabungan Polri dan TNI untuk mengamankan arus mudik Lebaran 2017 yang disiagakan di 1.112 titik. “Saya ingin sampaikan bahwa dalam rangka pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran melibatkan 187.000 personel Polri dan Gabungan TNI,” kata Syafruddin.

Dia mengatakan bahwa pihak keamanan mendirikan pos-pos di sejumlah wilayah yang dilintasi para pemudik. Syafruddin menyebutkan ada delapan titik wilayah yang diprioritaskan untuk pengamanan yakni Cikopo, Merak, Brexit dan Kaligangsa, Ketapang, Nagrek, Gilimanuk, Bakauheni.

145total visits,1visits today

Share.

About Author

Leave A Reply