Anggota DPR Setuju Usulan TNI Tangani Terorisme

Anggota Komisi I DPR, Abdul Kharis setuju dengan usulan Panglima TNI Jenderal Hadi Tjahjanto yang mengirim surat kepada DPR soal revisi Undang-undang (UU) Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme (RUU Anti-terorisme).

Panglima TNI mengusulkan judul UU “Penanggulangan Aksi Terorisme” dari semula “Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme”. Judul usulan tersebut dinilai dapat mengakomodasi kepentingan tugas dan peran TNI dalam hal penanganan terorisme

“Saya punya pandangan, saya setuju dengan Panglima. Artinya teroris ini harus dilihat juga sebagai ancaman kedaulatan terhadap negara, bukan dibatasi pada kriminalitas semata,” ujar Abdul di Gedung DPR, Senin (29/1).

Ia mengatakan, pelibatan TNI dalam hal tersebut berkaitan dengan kedaultan negara, maka pihaknya menyetujui usulan tersebut. Namun apakah usulan tersebut akan ditindaklanjuti atau tidak, menurutnya hal tersebut merupakan domain dari panitia khusus (pansus) yang mendalami UU Teroris.

“Saya menghormati mereka saya tidak ingin gimana-gimana, tetapi kalau saya ditanya terorisme, saya mengartikannya sebagai kejahatan terhadap kedaulatan negara,” pungkasnya. [D-14]

112total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *