Anggaran Pilbup Lebak 2018 Sebesar Rp 65,5 Miliar

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak telah mengalokasikan anggaran dari dana hibah sebesar Rp 65,5 miliar untuk penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Lebak 2018 mendatang. Dana hibah tersebut diberikan kepada KPU Lebak sebagai penyelenggara Pilbup.

Sementara KPU Lebak sendiri mengatakan kesiapannya melaksanakan Pilbup Lebak tahun 2018 yang tahapannya akan dimulai pada 3 Oktober 2017 mendatang.

Ketua KPU Lebak Ahmad Saparudin ketika beraudiensi dengan Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi di Lebak, Senin (11/9) mengatakan, dirinya dan anggota KPU sudah siap untuk melaksanakan semua tahapan Pilbub. Namun, ada salah satu faktor yang kurang seperti sumber daya manusia untuk membantu laporan pertanggungjawaban keuangan dan kesekretariatan.

“Secara kelembagaan dan personel kita sudah siap. Kami telah mengusulkan kepada Pemkab Lebak untuk menempatkan tiga orang di KPU Lebak guna mem-back up¬†laporan pertanggungjawaban keuangan,” ujar Saparudin.

Untuk anggaran, lanjutnya, hibah dari Pemkab Lebak sebesar Rp 65,5 miliar sudah mencukupi, namun Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) masih ada kendala teknis yang harus segera diselesaikan.

“NPHD-nya masih tercantum RP 2,5 miliar, sementara hasil kesepakatan dan kesiapan pemerintah daerah membiayai proses Pilbup Lebak sebesar Rp 65,5 miliar,” katanya.

Ditambahkan Saparudin bahwa partai politik atau gabungan partai yang memiliki 10 kursi di DPRD dengan memiliki suara sah 155.258 pemilih dapat mengusung calon bupati dan wakil bupati.

“Untuk jalur perseorangan atau independen syaratnya dibutuhkan dukungan minimal 70.233 pemilih,” ujarnya.

Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan, Pemkab Lebak mengapresiasi kesiapan KPU Lebak. Ada pun persoalan permohonan bantuan pegawai untuk membantu tenaga PPK maupun kesekretariatan, Pemkab akan berkoordinasi lagi. “Soal NPHD kita akan membahas dan melakukan perbaikan,” ujarnya.

154total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *