Alhamdulillah.. Tenda Bantuan Indonesia untuk Pengungsi Rohingya di Bangladesh Telah Didirikan

Pemerintah Indonesia terus mendistribusikan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang berada di Dhaka, Bangladesh. Saat ini, tenda bantuan Indonesia telah berhasil didirikan di lokasi pengungsian.

Tenda tersebut dipasang di Thaingkali dan Ukhiya, pada Kamis 21 September 2017. Diperkirakan, tenda tersebut dapat menampung sekira 60 ribu orang pengungsi yang baru datang 3 sampai 7 hari lalu.

“Tenda bantuan Indonesia telah dipasang di lokasi pengungsian. Bantuan Indonesia diharapkan dapat membantu meringankan beban para pengungsi yang telah sekian lama tidur beratapkan langit,” ujar Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Bangladesh, Rina Soemarno, sebagaimana rilis yang diterima Okezone, Jumat (22/9/2017).

Para pengungsi Rohingya berkumpul di depan tenda bantuan dari Indonesia. (Foto: Kementerian Luar Negeri RI)

Cuaca yang cerah sejak pagi membuat pemasangan tenda berjalan dengan lancar. Namun, cuaca seperti ini diprediksi tak akan bertahan lama. Pasalnya, hujan deras diperkirakan akan mengguyur daerah Cox’s Bazar, Bangladesh.

Tenda yang dipasang di tempat pengungsian tersebut berjenis refugee tent dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP). Agar para pengungsi tak tidur di atas tanah, tenda tersebut dilengkapi dengan alas. Selain itu, tenda juga memiliki ventilasi.

Selain tenda, pemerintah Indonesia juga terus mendistribusikan bantuan lainnya. Makanan siap saji dan family kit yang terdiri dari sabun, sampo, sikat dan pasta gigi, serta kotak P3K, turut diberikan kepada para pengungsi.

Pengungsi Rohingya mengantre untuk mengambil bantuan dari Indonesia. (Foto: Kementerian Luar Negeri RI)

Dalam 8 kali pengiriman, pemerintah Indonesia telah mendistribusikan 74 ton bantuan kemanusiaan kepada warga Rohingya di Bangladesh. Pengiriman dilakukan menggunakan pesawat C-130 milik TNI AU pada 14, 15, 16, dan 18 September 2017.

Bantuan kemanusiaan yang diberikan tersebut adalah 30 ton besar, 14 ribu selimut, 17.400 sarung, 2.490 paket makanan siap saji, 10 set generator listrik, 20 unit tenda besar, 10 unit tanki air fleksibel, 850 paket family kit, 900 paket pakaian, 1 ton gula pasir, 325 boks minyak goreng, 2.000 boks biskuit.

Seluruh bantuan telah diserahkan secara simbolis kepada District Commisioner (DC) of Chittagong, Md Zilur Rahman Chowdhury, yang perwakilan dari pemerintah Bangladesh. Bantuan diberikan pada 14 September 2017.

Bantuan dari Indonesia diberikan kepada pengungsi Rohingya di Dhaka, Bangladesh. (Foto: Kementerian Luar Negeri RI)

Adapun pengiriman bantuan berikutnya dilakukan pada 15, 16, dan 18 September. Pendistribusian bantuan saat itu disambut langsung oleh Additional District Commisioner of Chittagong, Habibur Rahman.

Kerja sama KBRI Dhaka dengan pemerintah daerah (pemda) setempat saat ini berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, pemasangan tenda dan pendistribusian bantuan Indonesia dapat dipantau dengan baik.

Saat ini, pendistribusian dilakukan secara bertahap berdasarkan pertimbangan pemda. Mereka akan menginformasikan daerah yang memerlukan bantuan dari berbagai negara yang kini telah tiba di Bangladesh.

136total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *