Akhir Alexis di Tangan Satpol PP Cantik

Puluhan wanita berseragam Satpol PP mendatangi Hotel Alexis di Jalan RE Martadinata, Pademangan, Jakarta Utara. Mereka mencoba masuk ke dalam tempat yang izin usahanya telah dicabut Pemprov DKI Jakarta itu.

Mereka diutus Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk memastikan seluruh kegiatan usaha Alexis berhenti total pada Kamis, 29 Maret 2018.

Satuan Pengamanan (Satpam) hotel yang sudah menunggu kedatangan pun berupaya menghalangi. Alasannya, menjalankan perintah.

Adu mulut pun terjadi. Sebab, para wanita cantik dari Satpol PP DKI Jakarta itu bersikukuh tindakannya sesuai prosedur.

Seorang wanita bernama Lely mengeluarkan bundelan kertas yang disimpan dalam map merah jambu. Dia menjelaskan kepada seorang satpam hotel terkait kedatangannya.

Ia pun membaca sebagian tulisan itu. “Ini kami ada surat perintah Pak,” ucap Lely di Alexis, Jakarta, Kamis 29 Maret 2018.

Satpam itu pun mengangguk-anggukan kepala dan mempersilakan beberapa orang masuk ke dalam.

Belum sampai ke lobi hotel, Satpol PP yang diutus Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menutup secara resmi segala usaha Alexis, kembali diadang belasan pemuda-pemudi yang mengaku-ngaku sebagai karyawan Alexis. Mereka berteriak-teriak mendorong Satpol PP keluar.

“Jangan kasih masuk. Jangan kasih masuk,” teriak massa.

“Pak Anies harus tanggung jawab. Bagaimana nasib kami? Kami sudah dirumahkan. Sekarang kami mau kerja apa?” sahut pendemo kembali.

Satpol PP wanita itu pun tetap maju sekuat tenaga. Aksi dorong-dorongan antara keduanya berlangsung hingga 10 menit.

Akhirnya tiga Satpol PP diperkenankan masuk guna memastikan keadaaan di dalam hotel. Salah satunya Satpol PP bernama Henny.

Sementara itu, Satpol PP lainnya sibuk memasang spanduk dan menempelkan kertas. Totalnya ada tiga spanduk dan dua buah kertas ditempel di tempat berbeda-beda. Secara garis besar isinya pengumuman.

Perwakilan Satpol PP pun selesai mengecek keadaan di dalam hotel Alexis. Henny memastikan tidak ada lagi aktivitas.

“Sudah saya cek keseluruhan. Tidak ada apa-apa lagi,” ucap dia sembari masuk ke dalam mobil.

Dalam kesempatan itu juga, dia menjelaskan bahwa seluruh usaha Alexis resmi ditutup. “Iya resmi ditutup hari ini,” tukas dia.

Resmi Penutupan

Pengumuman penutupan Alexis ini juga tertera di spanduk yang dipasang anggota Satpol PP wanita.

No. 001/PPNS/III/2018

GUBERNUR PROVINSI DAERAH IBU KOTA JAKARTA C.Q KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA BERDASARKAN PERDA NO.6 TAHUN 2015 TENTANG KEPARIWISATAAN PERGUB NO 18 TAHUN 2018 TENTANG PENYELENGARAAN USAHA PARIWISATA , KEPUTUSAN KADIS PM. PTSP NO. 32 TAHUN 2018

MENUTUP DAN MELARANG KEGIATAN USAHA

NAMA USAHA : ALEXIS

JENIS KEGIATAN: RESTORAN/ RUMAH MAKAN/ CAFE, KARAOKE, BAR, MUSIK HIDUP, HOTEL BINTANG, GRIYA PIJAT.

ALAMAT: JL. RE MARTADINATA NO.1, KEL ANCOL, KEC PADEMANGAN JAKARTA UTARA

BARANG SIAPA YANG MELAKUKAN PENGRUSAKAN DAN PELANGGARAN ATAS PENGUMUMAN INI AKAN DITUNTUT SESUAI DENGAN KETENTUAN HUKUM YANG BERLAKU. DEMIKIAN AGAR DIPERHATIKAN DAN DITAATI SEPENUHNYA.

JAKARTA, 29 MARET 2018

AN. GUBERNUR PROVINSI DAERAH KHUSUS IBUKOTA JAKARTA KEPALA SATUAN POLISI PAMONG PRAJA.

Sebelumnya, 30 petugas Satpol PP wanita ke Hotel Alexis, Jakarta Utara dilepas langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pengiriman Satpol PP ini untuk memastikan seluruh kegiatan usaha Alexis berhenti total.

“Kita punya tanggung jawab tegakkan perda,” kata Anies di Balai Kota Jakarta, Kamis 29 Maret 2018.

Ia menyatakan, penegakan aturan tidak perlu menggunakan kekerasan. “Tunjukkan bahwa menegakkan peraturan tidak perlu dengan kekerasan, tapi menegakkan dengan kewibawaan,” ujar Anies.

Satpol PP yang diterjunkan seluruhnya perempuan, Anies meminta petugas memeriksa apakah benar seluruh unit dan fasilitas sudah dihentikan.

“Periksa seluruh fasilitasnya, pastikan keputusan dijalankan dengan baik. Hindari konflik tidak perlu,” ucapnya.

Anies dengan lantang mengatakan bahwa nama baik Pemprov DKI ada di tangan satpol PP yang diterjunkan hari ini. “Saya titip nama baik Pemprov. Siap?” tanya Anies.

“Siaap,” jawab satpol PP yang berbaris kompak.

Sementara itu, setidaknya ada empat mobil patroli polisi yang datang pukul 15.01 WIB ke Hotel Alexis. Mobil polisi bersticker “Polsek Pademangan” itu langsung diparkir 50 meter dari lobi utama.

96total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *