Airlangga Serahkan ke Jokowi soal Wacana JK Menjadi Cawapres

Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar, Airlangga Hartarto, menyerahkan kepada Joko Widodo (Jokowi) terkait wacana Jusuf Kalla (JK) kembali menjadi calon wakil presiden (Cawapres). Alasannya, Jokowi yang paling tahu siapa yang layak mendampingi dirinya menjadi Cawapres pada Pemilu 2019.

“Kita serahkan ke pak Jokowi. Biar beliau yang memutuskan,” kata Airlangga pada acara Istighosah bersama di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar, di kawasan Slipi, Jakarta Barat, Rabu (28/2).

Airlangga menegaskan, Golkar menyerahkan sepenuhnya masalah Cawapres ke Jokowi. Golkar akan mengikuti siapa yang akan diputuskan Jokowi.

Saat ditanya kriteria Cawapres yang pas untuk mendampingi Jokowi, Airlangga enggan berkomentar. Dia hanya menegaskan fokus Golkar saat ini memenangkan Pilkada 2018 dan pemilu 2019.

Sebagaimana diketahui, JK kembali diwacanakan untuk mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019. Namun, wacana itu masih prematur karena JK terbentur dengan aturan konstitusi. JK telah dua kali menjadi Wapres. Secara konstitusi, jabatan presiden dan Wapres hanya boleh dua kali.

‎”Bahwa ada yang mengusulkan saya untuk ikut lagi, tentu saya berterimakasih. Tapi kita harus mengkaji dengan baik Undang-undang kita. Kita tidak ingin lagi seperti terjadi masa lalu, waktu Orde Baru pada saat pak Harto tanpa batas gitu kanNah tentu ada batasannya, kita menghargai itu. Menghargai filosofi itu, walaupun memang ada debatnya, ada argumentasi lain ya tentu itu. Apakah di MK, di MA dan sebagainya,” jawab JK soal wacana dicalonkan kembali menjadi Cawapres mendampingi Jokowi.

87total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *