Ada yang Tak Wajar di Pernikahan Remaja dan Nenek 71 Tahun

Remaja bernama Selamet baru saja melangsungkan pernikahannya dengan wanita bernama Rohaya di rumahnya di wilayah Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan.

Pernikahan pasangan ini jadi heboh, karena pasangan ini memiliki perbandingan usia yang sangat jauh. Selamet baru berusia 16 tahun, sedangkan Rohaya sudah berumur 71 tahun.

Meski pernikahan itu telah terlaksana dengan lancar dan baik. Tapi ternyata Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, masih menyoroti peristiwa ini. Alex merasa ada hal yang tak wajar dalam pernikahan beda umur ini.

“Ini sudah tak wajar. Bujang 16 tahun dan nenek 71 tahun, usianya sangat jauh,” kata Alex, Rabu 5 Juli 2017.

Menurut Alex, dia tak mempermasalahkan keputusan Selamet untuk menikahi wanita yang dicintainya itu, walaupun Rohaya sudah uzur dan masih banyak wanita muda yang bisa dinikahi remaja itu.

Tapi, Alex mempermasalahkan tentang batasan usia pernikahan bagi warga Indonesia. Terutama bagi pihak pengantin laki-laki. Dalam pernikahan Selamet dan Rohaya ini, menurut Alex telah terjadi pelanggaran.

“Kita tanya dulu apa dasar dan alasannya. Jangan menyalahkan. Ini sudah melanggar sebenarnya. Tapi tidak boleh mengkritik apalagi menghina. Biasanya yang melakukan pernikahan dini itu adalah perempuan. Tapi tetap saja ada batasan umur minimal, itu pun dengan alasan demi kesehatan. Kalau soal pernikahan bujang dan nenek ini, saya tidak bisa berkomentar banyak,”ujarnya.

Berdasarkan catatan VIVA.co.id, batasan usia pernikahan diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Terutama  Pasal 7 ayat 1 yang berbunyi, perkawinan hanya diizinkan bila pihak pria mencapai umur 19  tahun dan pihak wanita sudah mencapai usia 16 tahun.

Seperti diberitakan sebelumnya, pernikahan Selamat dan Rohaya sebenarnya tidak mendapatkan restu dari salah satu pihak keluarga kedua mempelai. Tapi, keduanya mengancam akan bunuh diri bersama jika tidak segera dinikahkah.

142total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *