Ada Bendera HTI di Aksi Massa Selamatkan Rohingya

Unjuk rasa bertajuk “Aksi Selamatkan Muslim Rohingya” hari ini disebut aksi 69 yang diikuti oleh gabungan Front Pembela Islam (FPI), Presidium Alumni 212, Forum Umat Islam (FUI), Gerakan Masyarakat Jakarta (GMJ), dan ormas Islam lainnya. Aksi demo ini dilakukan di depan Kedutaan Besar Myanmar untuk menyuarakan rasa keadilan bagi etnis Rohingya.

Menurut pantauan VIVA.co.id, di tengah aksi demonstrasi masih terlihat ada dua bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang berwarna hitam dan putih berukuran besar. Padahal Kementerian Dalam Negeri sudah melarang HTI dan melarang penggunaan simbol-simbol HTI pascadicabutnya status badan hukum organisasi tersebut.

 Bahkan, bendera Merah Putih tampak diletakkan berada di bawah bendera HTI yang dipasang di bilah bambu yang dibawa oleh demonstran. Tak hanya itu, bendera Palestina ikut dikibarkan.

Pada awal tahun ini, Kedutaan Besar Palestina untuk Indonesia dalam keterangan resminya menyesalkan jika bendera negaranya sering dibawa-bawa dalam aksi demonstrasi di Jakarta. Palestina keberatan benderanya digunakan sebagai atribut kecuali dalam acara formal pemerintahan terkait.

“Kedubes Palestina menyesalkan baru-baru ini bendera Palestina dibawa-bawa selama aksi yang murni urusan dalam negeri. Ini jelas bahwa sikap yang tidak dapat diterima dan berbeda dengan aksi dukungan terhadap Palestina,” tulis keterangan Kedubes Palestina beberapa waktu lalu.

103total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *