373 Petugas Haji Daker Mekah Diberangkatkan ke Tanah Suci

Sebanyak 373 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1438 Hijriah/2017 Masehi yang bertugas di daerah kerja (Daker) Mekah diberangkatkan menuju Arab Saudi hari ini, Kamis 27 Juli 2017. Sebelum resmi dilepas, petugas melaksanakan upacara pelepasan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur.

Pelepasan petugas dipimpin oleh Plt Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Nur Syam. Dalam sambutannya, Nur Syam meminta kepada seluruh petugas haji untuk menjaga kesehatan, sehingga dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan dapat melayani jemaah haji indonesia secara maksimal.

 Petugas haji juga dituntut untuk menjaga etika dan sopan santun, mengingat petugas haji merupakan duta bangsa yang membawa nama besar Indonesia di kancah internasional melalui proses pelaksanaan ibadah haji.

“Sikap ego sektoral hendaknya dihilangkan ketika petugas haji telah berada di Tanah Suci, sehingga tidak ada perbedaan antarmasing masing petugas,” katanya.

Petugas haji Mekah akan diberangkatkan menggunakan pesawat Garuda melalui Terminal 3 Bandar Udara Soekarno Hatta Cengkareng pada pukul 11.50 WIB dan diperkirakan tiba di Bandara King Abdul Aziz Jeddah sekitar pukul 17.30 waktu Arab Saudi.

Petugas haji Daker Mekah nantinya akan ditempatkan di 11 sektor yang tersebar di Mekah dan satu sektor khusus di Masjidil Haram.

Sebelum diberangkatkan ke Tanah Suci, seluruh petugas haji Daker Mekah mengikuti kegiatan malam muhassabah yang juga dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan Indonesia.

Kasubdit Pembinaan Petugas Haji Kementerian Agama Indonesia Khoirizi mengatakan, seluruh petugas haji Daker Mekah diwajibkan tetap memegang teguh komitmen yang telah disepakati bersama sejak awal dan tetap disiplin, sehingga beban tugas dan tanggung jawab petugas Daker Mekah dapat berjalan dengan baik sesuai kesepakatan bersama.

“Loyalitas dan komitmen petugas haji harus terus dipertahankan,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 299 Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 2017 Masehi/1438 Hijriah telah diberangkatkan menuju Arab Saudi pada Selasa, 25 Juli 2017. Petugas yang diberangkatkan terdiri atas 192 orang petugas dari Kementerian Agama dan 107 petugas kesehatan dari Kementerian Kesehatan.

Penyelenggaraan haji tahun 2017 menjadi tantangan berat bagi Petugas Haji Indonesia, setelah Indonesia menerima pengembalian kuota dan tambahan 10.000 jemaah haji pada tahun ini, sedangkan jumlah petugas haji tidak berbanding dengan jumlah jemaah.

165total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *