10 Kelompok Relawan Jokowi Mulai Bergerak

Forum Relawan Jokowi Jawa Timur mulai bergerak, diawali menggelar pertemuan, Kamis (22/3).

Selain membahas dukungan di pilpres, mereka memastikan keberpihakannya kepada pasangan calon (paslon) Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Dalam kegiatan di Surabaya Selatan tersebut, hadir perwakilan sepuluh elemen relawan pendukung Jokowi. Misalnya, Seknas Jokowi, Posko Relawan Jokowi, dan Projo.

Seluruhnya sepakat memanfaatkan jaringan masing-masing untuk mengajak masyarakat Jatim memilih Jokowi pada Pilpres 2019. Saifullah Yusuf, cagub nomor urut 2, juga hadir dalam kegiatan itu.

Wakil Posko Relawan Jokowi Jatim Heri Purwanto menuturkan, Pilkada Jatim menjadi ajang pemanasan menuju Pilpres 2019.

’’Ini sasaran antara kami dalam mengusung kembali Pak Jokowi sebagai presiden pada Pemilu 2019,’’ terangnya.

Menurut Heri, dukungan terhadap Gus Ipul –sapaan Saifullah Yusuf– sudah satu paket dengan dukungan relawan kepada Jokowi.

’’Beliau (Jokowi, Red) tidak pernah bilang secara terbuka mendukung Gus Ipul, tapi sikapnya yang kami baca,’’ lanjutnya. Atas dasar dukungan kepada Jokowi itulah, jaringan relawan memutuskan mendukung Gus Ipul.

Sementara itu, Wakil Seknas Jokowi Jatim Sapto Raharjo menyebutkan, salah satu yang diapresiasi dari kinerja Jokowi adalah membangun Indonesia dari pinggiran.

Perlahan namun pasti, program itu menurunkan kesenjangan kawasan pinggiran dan terluar dengan pusat-pusat ekonomi.

Di Jatim, sebagai batu loncatan dukungan, pihaknya memutuskan mendukung Gus Ipul-Puti. Sebab, program yang ditawarkan dinilai sejalan dengan kemauan Jokowi.

Yakni, membangun kawasan pinggiran. Di antaranya, kawasan selatan Jatim dan Pulau Madura.

’’Pembangunan sekarang berada di wilayah pesisir atau pedesaan, yang di era presiden-presiden yang lalu menjadi daerah yang kurang tersentuh,’’ terangnya.

Sapto melanjutkan, pihaknya membentuk forum komunikasi relawan Jokowise-Jatim. Mereka akan bergerak mulai level provinsi hingga kabupaten/kota.

Pihaknya juga masuk ke daerah yang banyak terjadi kasus konflik agraria maupun perburuhan. Sebab, beberapa tahun belakangan, persoalan itu menjadi salah satu fokus presiden.

Di sisi lain, Gus Ipul mengapresiasi paket dukungan yang disampaikan kepada dirinya. ’’Mbak Puti juga berpesan kepada saya untuk ikut mengawal nawacita Pak Jokowi,’’ tuturnya.

Gus Ipul dan Puti sudah menyiapkan program yang sejalan dengan kebijakan Presiden Jokowi. Program-program tersebut akan melengkapi kebijakan yang diambil presiden.

73total visits,1visits today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *